Electricity Lightning

Selasa, 16 April 2013

Cara Memperbaiki Sound Komputer

Memperbaiki Kerusakan Sound Komputer . Jika kamu menyalakan komputer dan ketika ingin medengarkan musik atau membuka video tiba-tiba PC kamu ngadat tidak mau mengeluarkan suara, jangan panik dulu. Mari kita teliti bersama bagaimana langkah-langkah mengantisipasi kerusakan sound komputer. Tips berikut ini tampak dasar dan umum, tapi penting juga untuk kita mengetahuinya.

1. Tidak ada suara / suara lemah.
Coba lihat apakah sound mute pada windows di aktifkan. Klik pada ikon speaker pada system tray, kalau mute aktif segera nonaktifkan. Lihat juga speaker komputermu, pada speaker model digital kadang-kadang akan mute otomatis saat speaker ti tutup. Lihat juga volume level, dan naikkan level jika di perlukan.

Catatan: Pada Windows XP, jika tidak ada ikon speaker, cari di "control panel", kemudian double click pada "Sound and Audio Devices", dan lihat apakah mute aktif, jika mute aktif segera nonaktifkan.

Catatan: Jika ikon speaker tidak ada dan Sound and Audio Devices "mute box" berwarna kelabu, driver soundcard kamu mungkin tidak berfungsi atau tidak terinstal dengan baik.

2. Speaker tidak ada power.
Periksa kabel power sampai ke stopkontak listrik, apakah semua sudah benar. Periksa juga saklar speaker apakah sudah di hidupkan.



sound komputer
3. Speaker tidak mengeluarkan bunyi.
Periksa apakah jack speaker yang di pasang pada PC sudah benar, port speaker pada PC biasanya berwarna hijau terang. Lihat juga apakah jack lain yang terhubung ke subwoofer, speaker yang sebelah, apakah semua terpasang dengan benar.

4. Pengecekan suara.
Pada PC, pasang headphone pada "port speaker" untuk melihat apakah ia bekerja atau tidak. Jika terdapat suara, maka di pastikan kerusakan pada speaker.

5. Pengecekan suara pada laptop.
Pasang headphone pada "headphone out jack"Jika terdapat suara, maka kerusakan terjadi pada internal speaker atau sistem pensaklaran pada jack speaker.

playback device
6. Periksa default playback.
Kembali ke control panel, sound panel ( pada Windows XP "Sound and Audio Devices” dan pada Vista dan Windows 7® "Sound" ) dan pastikan bahwa "playback device" bekerja dengan baik.

7. Periksa instalasi driver audio.
Pada control panel, pilih "Device Manager" dan periksa seting pada "sound, video and games controllers". Jika terdapat driver yang tidak terinstal dengan baik, akan terlihat tanda "x" merah, aktifkan perangkat jika ada "x" merah di atasnya. Atau instal ulang sound driver jika ada tanda seru "!" di atasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar